asma penyebab kematian?

Jual Susu Kambing Etawa Melayani Pembelian keseluruh Indonesia Hubungi WA 085799396611
Selain Susi ada banyak artis-artis lain meninggal disebabkan asma, seperti Mpok Nori, Jojon dan anak Iwan Fals, Galang Rambu Anarki. Mereka semua meninggal dengan cara sama, terkena serangan asma. Ada sesat pikir muncul bahwa asma hanyalah gangguan pernafasan ringan tanpa menyebabkan kematian. Orang lupa bahwa serangan asma berat bisa mengancam nyawa. 

Laporan Global Asthma Report 2015 memprediksikan pengidap Asma di seluruh dunia berkisar 334 juta jiwa. Berdasarkan data WHO pada 2011 lalu, ada sekitar 180 ribu orang di dunia meninggal akibat asma.

Di Indonesia, jika merujuk pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, pengidap asma berkisar 1,2 juta orang. Prevalensi terbanyak ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tengah. Angka prevalensi lebih dari 7.0 alias tujuh kasus per seribu penduduk. 

Pemicu lain asma bisa obat-obatan termasuk aspirin dan non-steroid anti-inflammatory (NSAID), misalnya ibuprofen dan naproxen, serta faktor lingkungan seperti asap tembakau, debu, asap, polutan udara, serta perubahan cuaca.

Satu hal mesti diwaspadai adalah kematian dadakan ini bisa menimpa siapapun tak peduli dia mengidap asma ringan, sedang atau kronis sekalipun. Misalnya dalam kasus meninggalnya Susi. Selama ini, Tukul Arwana tidak melihat adanya riwayat sakit asma berat yang dimiliki Susiana. “Sama sekali enggak ada riwayat penyakit berat. Saya juga terkejut (meninggal dunia cepat),” ucap komedian 52 tahun ini.

58 persen orang yang meninggal karena asma adalah pengidap asma ringan atau sedang. Dalam studi tersebut diketahui bahwa ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena serangan asma fatal. Hasil riset menyebut 65 persen ancaman itu mestinya bisa dihindari. 




Faktor lain sering tidak disadari orang adalah kecanduan merokok dan kelebihan berat badan bisa meningkatkan intensitas serangan asma. Jadi penting untuk mengurangi kebiasaan merokok dan berolahraga agar badan mencapai dengan angka ideal BMI (indek massa tubuh). Meski dikenal mematikan dan dadakan pada ujungnya asma bisa dihindari jika pola hidup sehat kita terapkan. 

Hasil riset di Inggris menunjukkan, hampir 68 persen pengidap asma meninggal karena tidak mencari bantuan medis atau telat mendapat perawatan medis darurat. Kondisi ini terjadi karena tak sigap dan gagal mendeteksi serangan. Sebabnya, mayoritas dari mereka itu tidak di bawah pengawasan medis spesialis selama tahun sebelumnya. Bagi Anda pengidap asma, alangkah baiknya saran dari Asosiasi Dokter Inggris ini dituruti agar asma tidak berujung duka dan taukah anda bahwa susu kambing etawa sangat ampuh untuk mengobati penyakit asma lho...


Jual Susu Kambing Etawa Melayani Pembelian keseluruh Indonesia Hubungi WA 085799396611

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Asma Pada Anak